Pj Bupati Takalar Buka Rapat Koordinasi Focus Group Discussion Data DDA dan Forum Satu Data Takalar 2024


Menitikata.com - TAKALAR. Pj Bupati Takalar , Dr. Setiawan Aswad, M.Dev.,Plg, membuka Rapat Koordinasi Focus Group Discussion Data DDA dan Forum Satu Data Takalar 2024 di Ruang Pola Takalar 2/10/2024.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Kominfo-Sp Kabupaten Takalar, dan Bappelitbangda Kabupaten Takalar. 

Dalam laporan Ketua Panitia, Bapak Guruh Wahyu Martopo, S.Si., M.Si, kepala BPS Kabupetan Takalar menyampaikan tujuan diadakan kegiatan ini.

“Tujuan diadakan kegiatan  ini untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan di bidang statistik perlu diketahui juga bahwa kegiatan ini menjadi wadah bagi semua pihak untuk bersinergi dalam menyediakan statistik berkualitas di Kabupaten Takalar” ujarnya 

Dalam arahanya Pj. Bupati Takalar, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev.,Plg, dalam sambutanya juga menyoroti pentingnya data dalam pengambilan kebijakan. 

“Data memiliki peranan penting di segala bidang data juga merupakan bagian integral dari kemanusiaan. Untuk memperoleh data yang berkualitas, kolaborasi dan sinergi sangatlah diperlukan. Saya ingin mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini dan berharap kepada Bapak Ariyanto dan Bapak Wahyu untuk terus memberikan bimbingan di Kabupaten Takalar,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama Kepala BPS Provinsi Sulawesi Selatan, Aryanto, S.Si., M.M, menyampaikan kebanggaannya atas penyelenggaraan FGD di Kabupaten Takalar. Ia menekankan pentingnya kerja sama untuk mendapatkan data berkualitas.

“Tentunya saya merasa bangga dapat hadir di FGD di Kabupaten Takalar. Karena dapat lebih mengenal daerah ini. Penting untuk diingat, untuk memperoleh data yang berkualitas, kita perlu menjalin kerja sama yang baik diantara semua pihak. Sinergi ini adalah kunci untuk mencapai tujuan kita bersama.” Ujarnya 

Kegiatan ini diiringi dengan launching Portal Satu Data, sebuah inisiatif pemerintah untuk mendorong pengambilan kebijakan berbasis data. Portal Satu Data Kabupaten Takalar dirancang untuk mengintegrasikan dan menyediakan akses data secara terpusat, dikelola oleh Dinas Kominfo Statistik dan Persandian sebagai wali data.

Acara ini dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada responden terbaik Badan Pusat Statistik Kabupaten Takalar tahun 2024, oleh PT Central Pertiwi Bahari Hatchery, PT Perkebunan Nusantara, dan PT Sinergi Gula Nusantara. Kegiatan ditutup dengan pembawaan materi dari narasumber, Guruh Wahyu Martopo, S.Si., M.Si, Syainal Mannan  S.STP, M.Si dan Drs. Achmad Rivai, M.Si yang membahas strategi pengelolaan data dan pentingnya statistik bagi pengembangan daerah.

Dengan terlaksananya FGD ini, diharapkan akan terjalin kerja sama yang lebih kuat antara semua pihak dalam menghasilkan data yang berkualitas untuk pembangunan Kabupaten Takalar yang lebih baik di masa depan.

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan OPD Kabupaten Takalar serta Staf dari masing-masing OPD.(*)