TP PKK Kabupaten Takalar mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas TP PKK Kabupaten, Camat, Lurah dan Desa


Menitikata.com - TAKALAR. TP PKK Kabupaten Takalar, bekerja sama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Mengadakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas TP PKK kabupaten, camat, lurah dan desa yang melibatkan seluruh pengurus TP PKK Kabupaten Takalar, ketua TP PKK se-kecamatan, lurah dan desa. Di Hotel Khas Makassar, kamis 5 September 2024.


Dalam laporan yang disampaikan oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat DSPMD Kab. Takalar, Andi Ato Alwi, SE., M.Si., tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa. 


“Adapun tujuan diadakan kegiatan Bimbingan dan peningkatan kapasitas ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi lembaga kemasyarakatan desa dalam peningkatan pengetahuan, keterampilan, kemampuan, serta sikap/tingkah laku sehingga dapat meningkatkan performansi dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” ujarnya.


Pj Ketua TP PKK Kabupaten Takalar, Sri Astuti Thamrin, S.Si., M.Stat., Ph.D., dalam sambutannya mengungkapkan harapannya agar ilmu yang didapatkan dalam kegiatan ini dapat diterapkan sehari-hari. 


“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, kita bisa mengimplementasikannya, menambah wawasan, dan ilmu kita tentang Tim Penggerak Keluarga Kesejahteraan Masyarakat,” ungkapnya.


Acara ini juga diisi dengan materi dari pembicara ahli. Materi pertama disampaikan oleh Chef Kalman tentang etika makan di tempat resmi (table manners). Materi kedua dibawakan oleh Sri Astuti Thamrin mengenai “Pengelolaan Kelembagaan TP PKK Kabupaten Takalar sesuai Hasil Rakorda TP PKK Tahun 2023.” Materi terakhir, oleh Dra. Hj Dewi Talli S.Psi.MM, membahas public speaking dengan praktik langsung yang membuat acara semakin menarik.


Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan efektivitas TP PKK dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, serta memperkuat peran lembaga kemasyarakatan desa dalam pembangunan daerah.(*)