Pj. Bupati Takalar Launching Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) pada 17 Puskesmas di Kab. Takalar


Menitikata.com - TAKALAR. Pemerintah melaksanakan transformasi pelayanan kesehatan primer dengan menerapkan konsep Primary Health Care (PHC) melalui integrasi pelayanan kesehatan primer.


Hal itu diwujudkan dengan di Launchingnya Penerapan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) pada 17 Puskesmas di Kab. Takalar oleh Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,.M.Dev,.Plg, Pada Tanggal 27 Juli 2024 di Pantai Wisata Sampulungan Kec. Galut Kab. Takalar.


"Pelayanan kesehatan primer merupakan salah satu pilar transformasi Kesehatan yang difokuskan pada pemenuhan kebutuhan kesehatan berdasarkan siklus hidup yang mudah diakses dan terjangkau sampai pada tingkat masyarakat, keluarga dan individu"Ujarnya.


"Tujuan ILP ini untuk mendekatkan akses dan pelayanan kesehatan yang bersifat promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan/atau paliatif pada setiap fase kehidupan secara komprehensif dan berkualitas bagi Masyarakat" Ujarnya.


Lanjut dikatakan Penerapan pelayanan kesehatan primer diselenggarakan secara terintegrasi di Puskesmas ( Kecamatan ), jejaring (Klinik Pratama dan TPMD) dan jaringan ditingkat Desa/Kelurahan yaitu Pustu/Poskesdes/Polindes serta ditingkat RT/RW/Dusun yaitu Posyandu yang melakukan pelayanan kesehatan primer untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di setiap fase kehidupan/siklus hidup.


"Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan dengan konsep ILP ini membutuhkan peran serta masyarakat dan pemerintah desa setempat karena akan menempatkan kader di pustu dan posyandu" Tutup Dr. Setiawan