Pj Bupati Takalar Hadir dan Buka Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana


Menitikata.com - TAKALAR. Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Takalar bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Takalar menyelenggarakan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana  dengan tema “Peran PKK dalam Mewujudkan Keluarga Sehat, Tangguh, dan Tanggap Bencana” pada jumat 6 September 2024. di Aula Kantor Desa Bontosunggu, Kecamatan Galesong Utara, 

Dalam laporannya, Kepala BPBD Takalar, Nuriksan Nurdin, SE., M.Si., menyampaikan, 

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Kegiatan ini sangat sesuai dengan koordinasi dari tingkat daerah hingga pusat, termasuk peran PKK. Kegiatan ini harus diapresiasi kerna kegiatan ini tidak hanya menyebarluaskan informasi tentang penanggulangan bencana tetapi juga melaksanakan amanat undang-undang tersebut.” Ujarnya 

Pj Bupati Takalar, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev., Plg, dalam sambutannya juga memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan ini.

 “Saya sangat mengapresiasi pelatihan ini karena memberikan informasi yang sangat bermanfaat kepada masyarakat. Kami berharap para kader dan pengurus TP PKK dapat memahami cara menghadapi dan menanggulangi bencana, serta bagaimana mengurangi dampak bencana tersebut,” ujarnya.

Acara juga ini dirangkaikan dengan pemasangan RUMPI oleh Pj bupati takalar ke Relawan Utama Penanggulangan Bencana dari BPBD Takalar, dan Acara ini juga diisi dengan beberapa materi, Materi pertama disampaikan oleh Sri Astuti Thamrin mengenai Peran PKK dalam Mewujudkan Keluarga Sehat, Tangguh, dan Tanggap Bencana  Materi Kedua, oleh Nuriksan Nurdin, SE., M.Si., Mengenai Penanggulangan Bencana, dan meteri terkahir oleh Basri Dg Raga dengan materi serupa.

Melalui pelatihan ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kesiapan dan respons terhadap bencana serta memperkuat peran PKK dalam upaya penanggulangan bencana di tingkat lokal.

Hadir dalam kegiatan ini pengurus TP PKK Kabupaten Takalar,  Camat Galesong Utara, Ketua TP PKK Galesong Utara beserta pengurus, serta masyarakat setempat.(*)