Buka Rakor Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tingkat Kab. Takalar Tahun 2024, Pj. Bupati : Target Kita Tahun ini 14%


Menitikata.com - TAKALAR. Bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,.M.Dev,.Plg membuka Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tingkat Kab. Takalar Tahun 2024, Selasa 10 September 2024.

Dalam membuka rakor tersebut, Pj. Bupati menyampaikan bahwa rapat koordinasi sering kita lakukan pada pemerintah kabupaten untuk merespon seluruh peristiwa pemerintahan pembangunan kemasyarakatan yang ada, dan kali ini kita bertemu untuk membahas issu yang menjadi perhatian nasional sampai ke tingkat bawah yaitu stunting.

"Kita terus berusaha, mengerahkan segenap energi dan fikiran untuk bisa menangani persoalan strategis ini. Stunting merupakan permasalahan fundamental karena menyangkut Sumber Daya Manusia dimana SDM adalah titik sentral dan pusat dari seluruh pembangunan yang kita lakukan bersama-sama" Ujarnya.

Dr. Setiawan menambahkan tahun ini Pemerintah Kab. Takalar menargetkan penurunan angka stunting sebesar 14%, untuk itu di harapkan kerjasama antar stakeholder dalam upaya percepatan penurunan stunting seperti melakukan pendataan yang betul-betul akurat sehingga apa yang laporan sesuai dengan data dilapangan. Ada tiga langkah-langkah yang harus dilakukan dalam percepatan penurunan stunting yaitu Kinerja, Inovasi dan Kontribusi. 

"Semoga apa yang kita upayakan dapat menurunkan angka stunting di takalar dan apa yang ditargetkan dapat tercapai" Tutup Pj. Bupati.

Sementara Kepala Dinas PPKBP3A Kab. Takalar dr. Asriadi Ali dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah adanya strategi dan kebijakan pelaksanaan program kerja diseluruh tingkat percepatan penurunan stunting, memaksimalkan fungsi dan peran seluruh kader dan tim pendamping keluarga serta untuk mengoptimalkan peran posyandu.

"Adapun Peserta sebanyak 100 orang terdiri dari seluruh tim percepatan penurunan stunting, para Camat dan Kepala Puskesmas, Kepala Balai dan Petugas Gizi se-Kab. Takalar" tambahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kab. Takalar, Pimpinan OPD Kab. Takalar, para Camat, para Kepala Puskesmas, Tim Percepatan Penurunan Stunting takalar  dan Pendamping Gizi se-Kab. Takalar.(*)