Pembina Upacara pada Pembukaan Kemah Pramuka, Pj. Bupati : Kontribusi Gerakan Pramuka dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045


Menitikata.com - TAKALAR. Upacara Pembukaan Kemah Pramuka dalam rangka Memperingati HUT RI ke-79 dan Hari Pramuka ke-63 Kwarran Pramuka berlangsung di Lapangan Maradekaya, Kec. Pattallasang Kab. Takalar, Kamis 15 Agustus 2024. Hari Pramuka ke-63 mengusung tema "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI".

Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,.M.Dev,.Plg selaku pembina upacara dalam membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyampaikan diantaranya gerakan pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota pramuka yang berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saat ini kita tengah dihadapkan dengan berbagai tantangan zaman yang penuh ketidakpastian. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang menjadi hilangnya batas-batas negara karena mudahnya hubungan antar warga negara. Dalam menghadapi persoalan tersebut gerakan pramuka sangatlah tepat untuk mengkanalisasi situasi saat ini. Gerakan pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill serta dilengkapi dengan kecerdesan Sesofif" Ujarnya.

Dikemukakan juga sebagai organisasi pendidikan non formal, gerakan pramuka realitanya tidak hanya sekedar menangani character building tetapi juga berperan aktif pada bidang lainnya seperti pengabdian masyarakat yang diantaranya melakukan perbantuan berbagai kebencanaan, terlibat pada team Search And Rescue (SAR), melaksanakan kegiatan bakti seperti bedah rumah diberbagai penjuru tanah air, aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan seperti penanaman pohon, pembersihan fasilitas umum, pembersihan sarana ibadah dan sosialisasi hemat energi.

Dikemukakan juga agar tetap menjaga lingkungan sekitar dengan melakukan penanaman pohon di sekitar lingkungan, untuk kelangsungan hidup yang lebih baik dan sehat. Pada kesempatan itu pula, Pj. Bupati Takalar menitipkan 50 pohon kepada gerakan pramuka untuk ditanam.

"Kegiatan dan upaya yang kita lakukan tersebut adalah bagian dari kontribusi Gerakan Pramuka dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan memiliki daya saing" imbuhnya.

Kami sangat yakin, sumber daya manusia yang dipersiapkan oleh gerakan pramuka merupakan sumber daya manusia yang berjiwa pancasila karena dididik dengan Fundamental Value Transformation gerakan pramuka yaitu Tri Sakti dan Dasa Darma Pramuka.

"Harapan saya kepada para pembimbing, pembina dan kakak-kakak sekalian untuk bekerja lebih keras lagi sehingga dapat memajukan gerakan pramuka pada saat ini dan masa yang akan datang" Harapnya Pj. Bupati.

Upacara Pembukaan Kemah Pramuka dihadiri para Pelatih, Pembina dan Andalan Gerakan Pramuka serta para Anggota Pramuka Kab. Takalar.(*)