Lepas Peserta Napak Tilas, Pj. Bupati : Tanamkan Nilai Kebangsaan Dalam Diri untuk Kemajuan Bangsa


Menitikata.com - TAKALAR. Napak Tilas sebagai salah satu upaya kita untuk mengobarkan semangat juang dan nilai-nilai kepahlawanan bagi masyarakat, khususnya generasi muda dan untuk melanjutkan perjuangan dalam membangun daerah, bangsa dan negara yang dilandasi dan menjunjungi tinggi nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.


Demikian diungkapkan Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,.M.Dev .Plg saat melepas peserta Napak Tilas dalam rangka Memperingati HUT ke-79 RI Tingkat Kab. Takalar di Monumen Lapris Takalar, Kamis 15 Agustus 2024.


Kurang lebih sekitar 70 kelompok peserta dari OPD, TNI, Polri, Kecamatan, Kelurahan dan sekolah turut berpartisipasi dalam kegiatan Napak Tilas ini, para peserta start dari Monumen Lapris Takalar di Bukit Desa Bulukunyi Kec. Polongbangkeng Selatan dan Finish di Rumah Jabatan Bupati Takalar Kec. Pattallassang dengan menempuh jarak sekitar 9,7 Km.


Dalam melepas peserta Napak Tilas Dr. Setiawan menyampaikan apresiasi kepada Panitia dan para peserta yang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini mungkin tidak bisa dibandingkan dengan apa yang telah diperjuangkan para pejuang kita terdahulu.


"Saya sering menyampaikan bahwa generasi kita adalah generasi yang berbeda pada masanya dan punya peran yang berbeda, jika kita mengingat kembali perjuangan, jiwa raga, air mata dari para pejuang kita tentu tidak bisa dibandingkan. Akan tetapi generasi kita akan meneruskan kemerdekaan ini dengan berbagai prestasi dalam membangun bangsa Indonesia" Ujar Pj. Bupati.


Ditambahkan Tempat/situs ini adalah simpul dan komitmen dan energi kebangsaan yang ada di Tanah air, yang ada di Sulawesi Selatan, ini yang harus kita jaga bersama-sama. Dan dengan komitmen tersebut semua tantangan kita bisa lalui dan kita bisa mencapai Indonesia Emas.


"Untuk itu, Tempat ini harus di jaga, dirawat dan ditumbuhkembangkan. Tidak hanya fisiknya tetapi yang paling adalah nilai-nilai dari sejarah situs ini ditanamkan dalam jiwa raga kita semua, untuk menanam nilai-nilai tersebut harus ada aktivitas untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai tersebut seperti yang kita lakukan hari ini" Ujarnya.


Disampaikan pula, pesan dari kegiatan ini "Apa yang mereka dimiliki pada hari itu, sama dengan yang kita miliki hari ini", yaitu Komitmen dan Energi Kebangsaan yang mengalir pada darah dan daging mereka. Itu yang harus kita jaga, rawat dan tumbuhkembangkan melalui kegiatan seperti ini.


Dalam kegiatan tersebut juga di laksanakan pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 79 Meter sebagai bentuk semangat dalam Perayaan Kemerdekaan RI ke 79 Tahun 2024.


Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda Takalar, Sekda Takalar, Pimpinan OPD Kab. Takalar, Direktur PDAM, Para Camat se-Kab. Takalar.(*)