Ketua TP PKK Takalar Ikuti Bimtek Pengelolaan Komoditas Hortikultura di Makassar


Menitikata.com - Ketua TP PKK Kabupaten Takalar, Sri Astuti Thamrin S. SI, M. Stat, Ph.D, bersama Ketua TP PKK Se Sulawesi selatan mengikuti seminar Pengelolaan Komoditas Hortikultura Skala Rumah Tangga di Gedung ASS, Kota Makassar, pada Kamis (22/08/24). 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Bimtek ini dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Prof. Zudan Arif Fakrulloh, serta anggota OASE KIM dan Dekranasda. 

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam sambutannya menekankan pentingnya P2L sebagai upaya memanfaatkan pekarangan untuk sumber pangan berkelanjutan dan mendorong penggunaan teknik seperti polybag dan hidroponik untuk menghemat belanja rumah tangga.

Andi Amran Sulaiman juga menjelaskan bahwa program ini bertujuan meningkatkan ketersediaan pangan, aksesibilitas, dan pendapatan rumah tangga, serta mengatasi masalah stunting di Indonesia dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

"Program Pangan Lestari harus digalakkan di seluruh Indonesia," tegasnya.

Penjabat Gubernur Sulsel, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menyambut baik inisiatif ini dan mengungkapkan bahwa bantuan dari Kementerian Pertanian akan segera didistribusikan ke masyarakat. 

"Pompanisasi sudah hampir separuh terpasang, bibit sudah didistribusi, dan APBN serta APBD sudah bergerak bersama," katanya.

Selama Bimtek, Iriana Jokowi juga menyerahkan 20 tempat sampah tematik untuk mendukung program kebersihan lingkungan dan meninjau produk kerajinan emas serta booth Dekranasda Sulawesi Selatan. 

Bimtek ini menghadirkan tiga narasumber yang menyampaikan materi tentang P2L, budidaya tanaman sayuran dengan sistem hidroponik, dan budidaya bioflok ikan lele, yang kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung.

Pj Ketua TP PKK Kabupetan Takalar, Sri Astuti Thamrin S. SI, M. Stat, Ph.D, mengapresiasi kegiatan ini.

“Bimtek dan program P2L sangat bermanfaat untuk mengurangi pengeluaran keluarga melalui hasil pekarangan yang dapat langsung dimanfaatkan. Ia berharap, peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan ketahanan pangan di daerah mereka” Ujarnya 

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat dan mendukung pelaksanaan program P2L di setiap daerah, termasuk Kabupaten Takalar.

Ketua TP PKK kabupaten Takalar didampingi oleh ketua bidang 1 dan Sekretaris 1 TP PKK Kabupaten Takalar.(*)