BPS Kerjasama PemKab. Takalar Gelar Rakor Desa CANTIK


Menitikata.com - TAKALAR. Bertempat di Aula kantor Desa Massamaturu Kecamatan Polongbangkeng Utara pada selasa (20 Agustus 2024) Badan Pusat Statistik Takalar kerjasama Pemkab Takalar Gelar Rapat Koordinasi (Rakor) desa CintabStatistik (Cantik). Diketahui Program BPS Desa Cantik ini merupakan kali pertama diadakan di Kabupaten Takalar, dan desa Massamaturu dipilih sebagai Lokus Pertama. 

Kepala Dinas Sosial PMD Takalar  Andi Rijal Mustamin yang turut hadir dalam Rakor tersebut Menjelaskan bahwa Desa Massamaturu memang sudah sering mengikuti perlombaan mulai dari tingkat kabupaten sampai nasional dan sudah cocok dipilih desa ini. Pemkab berharap desa ininjika diperlombakan bisa masuk 10 besar. 

"Layanan internet harus masuk ke kantor desa karena nantinya masalah data ini akan berbasis online. Sehingga tercipta 1 data indonesia mulai dari desa. Diharapkan kegiatan ini dijadikan pemicu untuk kemajuan desa massamaturu dan dapat menjadi contoh untuk desa lain yang berada di Kabupaten Takalar"harap Kadis Sosial PMD. 

Selain Kadis Sosial PMD, Kadis Kominfo Takalar Syainal Mannan juga turut hadir yang mengatakan pula bahwa Selama ini tidak ada bank data sehingga orang kesulitan mendapatkan data. Dengan adanya desa cantik ini bisa menjadi solusi dalam masalah ini.

Pemerintah berharap desa tidak menganggap bahwa bukan BPD yang butuh dengan desa tetapi sebaliknya karena pentingnya data khususnya dalam perencanaan. Misal jika data kemiskinan salah maka psti BLT akan salah sasaran Ketika data desa bagus maka akan mudah melakukan interfensi.  Nantinya data yang ada di desa akan dimuat dalam databese yang sudah disiapkan oleh kominfo sehingga ketika ada yang membutuhkan data tinggal dibuka pada satu data tersebut. Data akan selalu dibutuhkan baik dalam tahap perencanaan maupun evaluasi maka mari bita bekerja dengan sepenuh hati

"kami dari dinas kominfo sudah menyiapkan portal satu data yang nantinya bisa diakses oleh semua pihak. Kami siap berkontribusi dan berkolaborasi dalam pelaksanaan desa cantik ini" Jelas Kadis Kominfo Syainal Mannan. 

Sementara itu, Kepala  BPS Takalar menjelaskan bahwa BPS memiliki tugas dan bertanggungjawab melakukan pembinaan terhdap penyelenggaraan statistik sektoral dengan tujuan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran
Massamaturu dipilih karena memiliki ciri khas atau karakteristik tematik karena dekat dengan perkebunan pabrik gula. Diharap desa  massamaturu bisa menjadi juara dalam perlombaan desa Cantik nantinya. 

Tampak hadir dalam Rakor tersebut Kades Massamaturu bersama jajaran serta warga setempat.(*)