Sekda Takalar hadiri Ceramah Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Kajari Takalar


Menitikata.com - TAKALAR. Sekda Takalar H. Muh. Hasbi, S. STP. M.AP mewakili Pj. Bupati Takalar menghadiri Ceramah Pencegahan Tindak Pidana Korupsi oleh Kajari Takalar lama Salahuddin, SH. MH di Baruga I Mannindori Kantor Bupati Takalar, Senin 20 Februari 2023. Kegiatan ini sekaligus perkenalan ibu Tenriawaru, SH. MH sebagai Pejabat Baru Kepala Kejaksaan Negeri Takalar. 

Sekda Takalar H. Muh. Hasbi, S. STP. M.AP mewakil Pj. Bupati Takalar dalam sambutannya menyampaikan bahwa gaya kepemimpinan dan inovasi dari kajari lama patut dicontoh dan diapresiasi. Salah satu inovasi yang diciptakan yaitu restorative justice, dimana persoalah hukum yang dibisa didamaikan tidak perlu di bawa ke meja pengadilan. Hal itu juga ditekankan pada babinsa dan bimmas di desa sehingga persoalan yang ada di desa bisa diselesaikan di desa. 

"Kami berkomitmen semua penyimpangan didalam penyelenggaran pemerintahan tetap kita tengahi, yang masih bisa diperbaiki kita perbaiki tetapi yang sudah fatal dan tidak bisa lagi diluruskan akan diproses" jelas H. Hasbi. 

H. Hasbi juga mengucapkan selamat bertugas di tempat baru untuk kepala Kejaksaan Negeri Takalar lama dan selamat datang di butta panrannuang ku kepada Kepala Kejaksaan Negeri Takalar yang baru. Semoga kedatangan kajari baru tindak pidana hukum dapat berkurang dan wilayah Kab. Takalar dari kejahatan. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Takalar Salahuddin, SH. MH dalam ceramah pencegahan tindak pidana korupsi menyampaikan bahwa korupsi merupakan tindakan kejahatan yang merugikan negara, siapapun yang terbukti melakukan korupsi harus diberikan efek jera sehingga tidak akan melakukan hal yang serupa. 


"Saya juga menghimbau kepada kepala desa agar Program Jaga Desa tetap dioptimalkan karena desa adalah pilar utama untuk  pembangunan ekonomi nasional, kepala desa jangan mau menjadi objek atau subjek dalam penyalahgunaan dana desa." Jelasnya

Kajari juga menjelaskan salah satu langkah tepat dalam penyelesaian tindak pidana korupsi yaitu recovery terhadap temuan baik APIP maupun BPK/BPKP, permintaan audit khusus/kasus oleh kepala daerah kepada APIP dan TPTGR (tentutan perbendaharaan & tuntutan ganti rugi). 

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Takalar yang baru Tenriawaru, SH. MH dalam sambutan perkenalannya menyampaikan mohon dukungan dan kerjasamanya dalam kelancaran pekerjaan sehingga apa yang menjadi tujuan kita bersama dapat diwujudkan dalam menciptakan wilayah yang aman dan jauh dari tindakan hukum. 

"Apa yang sudah diinisiasikan oleh kajari takalar sebelumnya akan saya lanjutkan dan lebih meningkatkan lagi kinerja untuk penegakan hukum ditakalar" tutupnya 

Diakhir acara dirangkaikan dengan penyerahan cendremata berupa Plakat dari Pemkab. Takalar kepada Kejaksaan Takalar yang lama dan Kepada Kepala Kejaksaan Negeri yang baru yang disaksikan para Anggota forkopimda Takalar, para Staf Ahli Bupati, Asisten dan Pimpinan OPD lingkup Kab. Takalar, jajaran Kasi, Kasubag Bin dan Jaksa Milik Takalar (Jamila), para Kepala Bagian Setda. Takalar, para Camat serta Kepala Desa/Lurahse-Kab. Takalar. 

Kajari Takalar lama akan bertugas ketempat baru sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Soppeng dan ibu Kajari yang baru sebelumnya bertugas sebagai Kepala Kejaksaan Negeri di Kab. Morowali.