Kemensos - Sentra Pangurangi Takalar salurkan Bansos ATENSI 153 KK korban Bencana Banjir dan Puting Beliung


Menitikata.com - TAKALAR. Kementerian Sosial Republik Indonesia melakukan penyaluran bantauan sosial berupa paket pemenuhan hidup layak kepada para korban bencana alam banjir dan puting beliung yang terdampak di kab. Takalar.

Penyaluran bantuan sosial ini merupakan salah satu implementasi dari program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dibawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial melalui salah satu Unit Pelaksana Teknisnya yaitu Sentra Pangurangi Takalar

Bantuan yang disalurkan ke berbagai desa di kabupaten Takalar ini berupa bahan pokok sehari-hari dan perlengkapan diri, terdiri dari beras, telur, minyak goreng, sarung, selimut, dll yang diperuntukan kepada para korban terdampak bencana alam yang terjadi beberap hari terkahir.

Mewakili Kementerian Sosial, Sentra Pangurangi di Takalar, Andi Arwijaya mengatakan penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan kehadiran pemerintah pusat di Takalar untuk membantu para korban bencana dan kedaruratan memenuhi kebutuhan hidupa layak dan meningkatkan ketahanan keluarga ditengah-tengah bencana yang terjadi di lingkungan tempat tinggalnya demi terwujudnya keberfungsian sosialnya. 

Hal ini juga tidak lepas dari hasil koordinasi dengan pemerintah daerah kabupaten Takalar melalui dinas sosial, tandasnya.

“Bantuan yang kami berikan merupakan laporan dan rekomendasi dari dinas social kab. Takalar sesuai dengan kondisi bencana yang dialaminya, seperti korban bencana banjir dan korban angin puting beliung yang menimpa sebagian wilayah Takalar. Total bantuan yang kami berikan ini sebanyak 153 paket sembako, dan juga 2 alat bantu aksesibilitas berupa kursi roda”, tambahnya.

Melalui pemberian bantuan ini, Koordinator Pokja Bencana dan Kedaruratan Sentra Pangurangi Takalar Takbir Nur berharap para korban terdampak bencana ini bisa lebih bersemangat menjalani kehidupannya, tetap bersabar dan ikhlas serta kembali semakin giat berusaha lagi.

“Kita berharap bantuan ini memotivasi mereka, tidak ada manusia yang tidak pernah dicoba, dibalik musibah ini pasti semua ada hikmahnya”.


Sementara itu, Ibu Bupati yang turut hadir dalam penyerahan bantuan ini mengatakan semoga semua pihak bisa bersinergi dan membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita semua, kita harus bersinergi dan bekerjasama untuk melayani semua lapisan masyarakat terlebih lagi yang terkena musibah seperti ini.

“Bantuan ini, akan sangat bermanfaat bagi kami dalam menjalani aktifitas sehari hari dan juga bisa meringangkan beban kebutuhan hidupa kami, terima kasih kementerian sosial dan ibu bupati telah memberikan bantuan ini kepada kami”, ucap salah satu satu penerima bansos Dg. Sompa yang juga seoarang lansia yang mendapatkan kursi roda.

Para korban pun mengaku akan lebih bersemangat lagi serta ikhlas dalam menjalani kehidupannya demi mewujudkan hidup yang lebih baik lagi.