Upaya Tingkatkan Produksi Padi, TPHP Bone Intensifkan Evaluasi Pertanaman IP400 dan Posluhses

Menitikata.com - BONE. Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan ( TPHP) kabupaten Bone, terus lakukan  evaluasi Pertanaman sebagai Salah satu terobosan yang saat ini tengah dilakukan melalui pola tanam padi dengan indeks pertanaman (IP) 400. 

Kepala dinas TPHP, Andi Asman Sulaeman mengungkapkan, penerapan pola tanam padi IP 400 merupakan salah satu langkah meningkatkan produksi sehingga ketersediaan beras dalam negeri benar-benar mampu dipenuhi sendiri, bahkan surplusnya dapat diekspor.  

"Sehingga kita tadi sudah berkomitmen menjadikan lahan potensi program IP400 tembus ke 20.000 Ha," ungkap Andi Asman pada acara Evaluasi pertanaman IP 400 yang berlangsung di desa Abbumpungeng kecamatan Cina,  Senin ( 16/1) 

Asman, menambahkan bahwa Tujuannya evakuasi tersebut semata untuk meningkatkan luas tanam dan produksi untuk ketahanan pangan, penghasilan petani meningkat dan sekaligus sebagai masa depan para petani di kabupaten Bone. 

Asman Sulaeman bahkan menegaskan bahwa pada peningkatan produksi padi  setahun terakhir ini membuah hasil memuaskan dimana kabupaten Bone mampu menjadi penyuplai beras tertinggi di sulsel 

"Kita harusnya bangga dengan IP 400 Ini kita mampu menjadi daerah penyuplai beras tertinggi di sulsel" Jelasnya 

Sementara terkait posluhdes terpadu, sengaja dirancang Kadis Asman, sebagai wadah Pos Penyuluhan Desa dan Kelurahan.

"Ini menjadi kelembagaan penyuluhan pertanian tingkat desa/kelurahan yang dibentuk dan dikelola secara partisipatif oleh pelaku utama yang bertujuan sebagai tempat pertemuan para penyuluh. Pelaku utama dan pelaku usaha masyarakat Petani berada pada garda terdepan," Pungkasnya.