Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023

Menitikata.com - TAKALAR. Pemerintah Kab. Takalar terus berupaya menurungkan angka stunting di Kab. Takalar, dengan menggelar Rakor Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas PPKBP2A Kab. Takalar di Ruang Rapat Setda Kantor Bupati Takalar, Selasa (24/1/2023). 

Dalam Rapat tersebut Kepala Dinas PPKBP2A Takalar dr. Asriadi Ali menyampaikan kunci utama dalam penurunan stunting adalah kolaborasi semua pihak yang diperlihatkan dengan aksi-aksi yang dilakukan seperti pendekatan keluarga, pendapatan keluarga, dan pendekatan terhadap lansia. 

Ia juga menambahkan kunci lain dalam penurunan angka stunting dengan pemberdayaan masyarakat, jika masyarakat sejahtera maka dengan sendirinya asupan gizinya akan membaik sehingga kesehatannya dapat terjaga. 

Pada kesempatan yang sama, Pj. Ketua TP. PKK Kab. Takalar Sri Astuti Thamrin Setiawan S. Si, M. Stat, Ph.D mengatakan bahwa dalam penurunan stunting dibutuhkan kolaborasi semua pihak dengan melakukan edukasi kepada masyarakat pola hidup sehat dan asupan makanan yang bergizi, selain itu juga rajin melakukan penimbangan secara reguler dimulai dengan posyandu dan melibatkan himpaudi. 

Beliau juga menambahkan dengan memperkuat data dari dasa wisma yang ada didesa, kita bisa mengetahui secara pasti tentang data masyarakat didesa. 

"Pengetahuan gizi yang baik juga perlu diberikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui asupan makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh" jelasnya.