NH Hadiri Acara Mappadendang di Lallatang

Menitikata.com - BONE. Wakil Ketua DPP Golkar, HA. Nurdin Halid, didampingi dua Anaknya, HA. Zunnun dan Alby serta Rismono Halid hadiri acara Mappadendang di desa Lallatang kecamatan Dua Boccoe, Senin (16/1).

Kehadiran NH, disambut langsung oleh kepala desa, Hasmunir, berserta seluruh masyarakat desa Lallatang, acara yang diiringi dengan acara rakyat Mappadendang  dimana ibu-ibu yang berpakaian adat didampingi beberapa laki-laki juga berpakaian adat memukul Lesung yang dipukul pakai alu saling bergantian dengan irama dan tarian yang sedikit menyerupai gerakan silat. 

Menurut, Hasmunir, acara Mappadendang di desanya setiap tahun dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas panen rakyat yang berlimlah dan juga sebagai ritual tolak bala. 

"Acara ini memang sudah menjadi tradisi setiap masyarakat desa kami, Mappadendang  yang diartikan sebagai acara ritual pesta panen masyarakat kami” jelasnya. 

Hasmunir juga menambahkan bahwa memang sengaja mengundang keluarga besar Nurdin Halid sebagai rasa tanda Terima kasih kepada beliau yang banyak membantu masyarakat Lallatang . 

"Kamin memang sengaja mengundang khusus beliau sebagai diacara pesta panen sebagai tanda Terima kasih kami karena beliau banyak membantu masyarakat kami" Jelas Hasmunir. 

Nurdin Khalid, di sela-sela acara tersebut menyampaikan rasa Terima kasih atas sambutan masyarakat Desa Lallatang dan terkhusus bagi kepada desa  yang telah mengundang nya di acara pesta panen atau acara mappadendang. 

"Pertama Terima kasih kepada seluruh masyarakat desa Lallatang  yang telah mengundang khusus  keluarganya di acara pesta panen, acara ini berbentuk sebagai tanda rasa syukur masyarakat atas hasil panen yang didapat masyarakat Lallatang” Ungkap Nurdin Khalid.

NH menambahkan bahwa tradisi Mappadendang atau  pesta rakyat desa Lallatang mutlak selalu harus dilestarikan dikarenakan adalah bentuk tradisi yang mampu mempererat rasa persaudaraan dengan masyarakat desa Lallatang dan masyarakat di kecamatan dua Boccoe pada umumnya. 

Selain itu NH dan Anaknya HA. Zunnun, sempat menyawer seluruh peserta dan pemain Mappadendang  dan  NH bahkan sempat mencoba ikut bergabung  dan memainkan alu di lesung tersebut.