Dilantik sebagai ketua Mabicab, Pj Bupati beri orientasi Mabigu se-Kabupaten Takalar

Menitikata.com - TAKALAR. Penjabat Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad memberikan orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan SD, SMP, MTS, SMA dan SMK se-Kabupaten Takalar, Sabtu (21/1/2023). 

Dalam materi orientasinya, Dr. Setiawan Aswad menjelaskan bahwa Esensi merdeka belajar yang sesungguhnya ada di Gerakan Pramuka yang belajar dengan bebas tidak seperti belajar didalam menara gading yang terbatas. 

Gerakan pramuka yang mengajarkan untuk hidup di alam dan  menjaga kelestarian lingkungan, kata Pj Bupati sangat erat kaitannya dengan realitas hidup. 

"Kita harus membuat gerakan kepramukaan ini relevan dengan kehidupan masyarakat untuk menjawab dinamika tantangan lingkungan. Mampu memjawab kebutuhan dan tntutan masyarakat," Terang Dr. Setiawan Aswad. 

Misalnya, Lanjut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel ini, jika terjadi bencana alam di takalar seperti banjir, abrasi dan semacamnya pramuka hadir ditengah-tengah masyarakat membantu masyarakat. 

"Maka pramuka akan diakui relevansinya, Bagaimana membangun relevansi nya ? " Tandas Dr. Setiawan. 

Ada tiga Papar Dr. Setiawan yakni sistem, kelembagaan dan Sumberdaya Manusia. 

Untuk diketahui, Pj Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad dilantik menjadi ketua Mabicab Gerakan Pramuka Takalar oleh Prof.  Syahrul Yasin Limpo selaku ketua Kwarda sulsel.