Bone Jadi Penyuplai Beras Tertinggi di Sulsel

Menitikata.com - BONE. Kabupaten Bone menjadi penyuplai beras tertinggi  dan menjadi lumbung padi utama di Sulawesi Selatan. Dengan produksi beras mencapai hingga 449 Ribu ton tahun 2022 menjadikan kabupaten bone menjadi penyuplai beras tertinggi  di sulawesi selatan dengan mengalahkan kabupaten Sidrap.

" Kami akan terus berupaya mempertahankan predikat ini sebagai lumbung padi di provinsi Sulsel Predikat tersebut mesti tetap dimiliki Kabupaten Bone" Ungkap  Andi Asman Sulaeman, Kadis Tanaman Pangan, Holtikuktura dan Perkebunan  ( TPHP) .  

Menurut Andi Asman  Sulaeman,Berdasarkan data, dari luas lahan tanam padi di bone yang  sangat luas  masih sangat memungkinkan  untuk bisa terus menambah suplai  beras di Sulawesi Selatan.  

Bahkan  saat ini Aan Sulaeman,yengan melakukan pemantauan untuk peningkatan produksi padi di kabupaten Bone untuk mempetakan lahan basah dan kering di kabupaten Bone.

"Insya Allah dengan luas lahan kita yang cukup dan masih luas ini masih sangat memungkinkan untuk jauh lebih banyak memproduksi pangan apalgi kita ditunjang dengan program IP 400" Jelasnya. 

Selanjutnya, guna menunjang serta mendukung terwujudnya Kabupaten Bone tetap sebagai penyuplai beras terbesar se-sulsel  dia mengharapkan, dukungan pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi sulsel melalui dana APBN maupun APBD Provinsi Bone berupa bantuan sarana produksi pertanian dan benih unggul      

Sementara itu, menanggapi  terkait permainan pupuk dan mahalnya pupuk sibisidi , Andi Asman Sulaeman,paetikan akan menindak tegas  pengecer yang mempermainkan harga pupuk bersubsidi. 

" Yang pastinya saya tegaskan kepada seluruh pengecer pupuk di kabupaten Bone  untuk tidak mempermainkan harga pupuk subsidi dan jika memang saya temukan  ada agen atau pengecer pupuk  yang menjual pupuk diatas HET saya pastikan akan mencabut ijinnya " Tegas  Asman Sulaeman. 

Andi Asman juga menegaskan jika pupuk  bermasalah dibone tidak mungkin kabupaten Bone bisa dapatkan predikat  penyuplai beras tertinggi di sulsel " Kalau kita ada masalah dengan pupuk pastinya kita tidak akan mencapai hasil seperti ini " Pungkasnya.