Sekda berharap peningkatan kompetensi wartawan di Pelantikan PWI

Menitikata.com - TAKALAR. Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten Takalar periode 2021-2024 resmi dilantik di Gedung PKK, Takalar, Sabtu (28/5/2022). 

Sekretaris Daerah (Sekda) Takalar H. Muh. Hasbi, S.Stp., M.Ap., menyaksikan pelantikan yang dilalukan oleh Ketua PWI Sulsel Agus Salim Alwi Hamu. 

Dalam arahannya usai pelantikan, Sekda Takalar berharap agar para insan pers dibawah naungan PWI dapat menjadi mitra strategis Pemkab Takalar. 

PWI diharapkan menjadi mitra pemerintah dalam mengawal pembangunan di Kabupaten Takalar, tentu dibarengi dengan peningkatan kualitas sumberdaya manusia khususnya bagi insan pers. 

Dikatakan dalam sambutannya agar wartawan terus berpacu untuk meningkatkan kualitas SdM nya. Jalankan kode etik jurnalis yang baik, ketika menulis, berikan karya tulisannya yang berpihak dan membangun. 

"Sakarang ini banyak terjadi berita kontrol, mengkritisi dalam hal pemberitaan, dan pemungkas wartawan sekarang ketika menulis berita kontrol dengan di bahasa "DUGA". Inilah yang membuat pemberitaan sering memvonis seseorang. Sehingga kata di Duga sering membingunkan bahkan bisa jadi seseorang jadi korban karena kata ini," Kata H. Bantang sapaannya. 

Ia berharap wartawan betul-betul memverifikasi data yang jadi sumber penulisannya. Demikian juga disarankan agar wartawan segera Sertifikasi dari Dewan Pers. 

"Kita akan mendorong PWI Kab Takalar kalau ada anggotanya menuju Kempentensi sebagai cikal bakal wartawan yang bersertifikasi. Semakin banyak wartawan Sertifikasi maka semakin baik bagi pemerintah daerah dan SDM PWI itu sendiri," katanya. 

Hasbi banyak mencontohkan tokoh-tokoh wartawan yang memberikan andilnya demi kemajuan bangsa di masa lalu.  Silahkan kritisi pemerintah kalau untuk kemajuan, namun bagusnya kalau ada solusi yang tepat agar bisa diterapkan.

"Kami berharap bisa bermitra dengan pemerintah sehingga terjadi harmonisasi. Demikian juga dikatakan bahwa pejabat dari Takalar itu hebat dan kuat dan tahan banting sehingga kalau sudah lolos jadi pejabat di Takalar pastilah kuat dan mampu menyelesaikan masalah," tutupnya. 

Sementara itu, dalam arahannya yang singkat, ketua PWI Sulsel berharap agar pelantikan ini bermakna besar kepada masyarakat dan masing-masing person wartawan agar selalu meningkatkan SDM nya.

"Berkaryalah yang bisa di berikan sebagai nilai tambah karena menyandang wartawan itu bukan persoalan mudah, wartawan adalah kaum intelektual yang harus menjadi contoh yang baik kepada masyarakat.

Tingkatkan SDM nya, berikan karya sehingga ada kesan yang baik, jaga kemitraan dengan pemerintah daerah," pungkas Agus Salim Alwi Hamu