Peserta Latpim Provinsi Papua Barat belajar pelayanan publik di Takalar

Menitikata.com-TAKALAR, Kabupaten Takalar terpilih menjadi lokus studi lapangan peserta Pelatihan Kepimimpinan Pengawas (PKP) angkatan I Provinsi Papua Barat.

Peserta pelatihan yang berjumlah 39 orang diterima oleh Sekretaris Daerah Takalar H. Muh. Hasbi, S.Stp.,M.Ap di Baruga I Manindori, Kantor Bupati Takalar, Rabu (23/3/2022) siang. 

Para peserta akan belajar mengenai kebijakan Pemkab Takalar dalam pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Penduduk dan Catatan Sipil dan mengenai penanaman modal daerah di Dinas PTSP dan Penanaman Modal. 

Keduanya merupakan salah satu pelatihan inti  pada PKP angkatan I yakni pelayanan publik. Kegiatan ini membekali peserta dengan kemampuan mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan orgasinasi yang memiliki smart practise dalam pengelolaan program. 

"Melalui studi lapang ini diharapkan peserta pelatihan dapat melakukan knowledge replication dan knowledg customization ditempat kerja masing-masing. Jadi, kami mohon bantuan dari Pemkab Takalar agar kami mendapat inspirasi untuk pembangunan daerah kami di Papua," Kata Widyaswara BPSDM Papua Barat Richard S Patty. 

Sementara itu, Sekda Takalar H. Hasbi tampil memperkenalkan kabupaten Takalar serta potensi dan wisata yang terkenal didalamnya. Serta memberikan arahan terkait manajemen kepegawaian diklat kepemimpinan pengawas kepada para peserta PKP. 

"Setiap ASN harus adaptif menjalankan tugas-tugas pokoknya. Saat ini regulasi berubah-ubah, setiap pimpinan memiliki aturan yang berbeda. Sehingga kita harus adaptif," kata H. Hasbi.

Ia melanjutkan bahwa ada 5 K yang harus dimiliki seorang aparatur, yakni Komepetensi, Kompetisi, Karakter, Komitmen, dan Komunikasi. 

"Semua ASN yang pintar, percaya diri berkompetisi, memiliki karakter dan komitmen dimanapun tidak akan sukses jika tidak mampu menjalin komunikasi, baik secara internal maupun secara eksternal," tutup H. Hasbi.