Didampingi Sekda, Bupati Takalar serahkan Laporan Keuangan 2021 ke BPK


Menitikata.com - TAKALAR, Enam belas dari 24 kabupaten/ kota di Sulawesi Selatan menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021 kepada Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Sulawesi Selatan, Jumat (18/3/2022). 

Kabupaten Takalar menjadi salah satu dari ke enam belas kabupaten/ kota yang menyerahkan LKPD. 

Bupati Takalar Syamsari di dampingi Sekretaris Daerah Muh. Hasbi menyerahkan langsung kepada Kepala BPK Perwakilan Sulsel Paula Henry Simantupan di Kantor BPK Perwakilan Sulsel. 

LKPD yang diserahkan Bupati Takalar kemudian akan diperiksa oleh BPK sembari menanti LKPD dari Pemda lain dalam wilayah pemerintahan Provinsi Sulsel.

Pemeriksaan laporan keuangan ini bertujuan untuk melihat empat hal, yakni kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI), dan pengungkapan yang memadai.

Kepala Perwakilan BPK RI Sulsel, Paula Hendrik mengungkapkan, kehadiran para kepala daerah hari ini sebagai bentuk tanggung jawab dalam melaksanakan salah satu tugas konstitusional.

Menurut Paula Hendrik, kehadiran para kepala daerah untuk menyerahkan laporan keuangan masing–masing patut diapresiasi. Ia pun berharap, proses pemeriksaan berjalan lancar meskipun saat ini dalam kondisi pandemi. 

"Kita berharap para pemerintah daerah memberikan bantuan berupa penyiapan ruang lingkup pada saat pemeriksaan. Serta keterbukaan informasi saat tim turun melakukan audit dan pemeriksaan," pungkasnya.