Masuk program P22, ratusan pelaku UMKM ikuti mentoring dan coaching klinik 3 bulan

Bupati Takalar H. Syamsari memberikan arahan bagi peserta coaching klinik Akselerasi UMKM

Ratusan pelaku UMKM di Takalar mendapat mentoring dan coaching klinik dari Komisaris / Owner Bigpro Business Consultan R. Akhmad Yani, CEO Lunar Academy Redia Frisna Rista, dan CEO Mopigi Tour Satrya Yuda. 

Mentoring dan coaching klinik ini akan berlangsung  selama kurang lebih 3 bulan secara offline dan virtual yang dibimbing langsung  oleh ketiga mentor tersebut. 

Selain mendapatkan bimbingan untuk  pengembangan usaha, para pelaku UMKM sebagai salah satu yang mampu bertahan ditengah pandemi  juga akan mendapatkan bantuan.

Hal ini sesusai dengan poin ke-19 dalam 22 program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Takalar yang telah di RPJMD kan yakni bantuan permodalan usaha bagi UMKM. 

“ Arahan dari Bapak Bupati bahwa mentoring ini tidak akan berakhir sampai disini saja, tetapi dalam jangka waktu 4 bulan kedepan kita akan melakukan wisuda bagi peserta yang merupakan hasil coaching. Harapannya, kita mampu melahirkan pengusaha – pengusaha baru,” Kata Budi Prasetya selaku ketua Panitia penyelenggara di Saung D’Luna Jl. Poros Takalar- Jeneponto, Kecamatan Palongbangkeng Utara. 

Hal senada disampaikan Bupati Takalar H. Syamsari, bahwa bimbingan dan pendampingan kepada para pelaku usaha sampai berhasil dengan harapan bisa mencetak UMKM baru dan menjadi wadah untuk bisa meningkatkan bisnis atau usaha yang dijalankan. 

“Kita memiliki sumberdaya alam yang melimpah, namun kita terkendala masalah pengolahan. Maka dari itu kita dibimbing untuk mempunyai pengetahuan yang cukup sehingga mampu mengolah satu jenis bahan baku makanan menjadi beberapa menu makanan yang memiliki nilai jual tinggi,” Jelasnya, Minggu (13/2/2022). 

Ia melanjutkan, bahwa dalam memajukan UMKM kita harus pintar-pintar memanfaatkan peluang bisnis dan memulainya dengan keinginan dan jiwa usaha kreatifitas dalam memajukan usaha.

"Dengan pengolahan yang bagus dapat menciptakan pasar baru dan setelah kita memproduksi suatu produk, pemasaran menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha kita,” Pungkasnya.

Kegiatan ini merupakan pelatihan kelas ketiga, yang sebelumnya telah dilaksanakan di Kabupaten Pinrang dan Kota Makassar.  Untuk diketahui, akselerasi UMKM di Takalar ini merupakan kolaborasi antara kampus ITP Takalar, Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Takalar serta Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).