Awal kepengurusan, ICMI Takalar gelar rapat kerja, Bupati beri wejangan

 

Pengurus ICMI Takalar menggelar rapat bersama Ketua Dewan Pembina ICMI di Ruang Rapat Setda Takalar

MENITIKATA.com - TAKALAR, Usai dilantik dan menggelar leadership training, pengurus ICMI Takalar mulai fokus menyusun program kerja. 

Rapat perdana digelar di Ruang rapat setda yang dipimpin oleh Ketua ICMI Takalar Dr. Hj. Irma Andriani, S.Pi, M.Si dan turut dihadiri oleh Dewan Pembina ICMI Takalar H. Syamsari, S.Pt, M.M.  

Dalam arahannya, H. Syamsari menyampaikan sejumlah poin penting yang secara garis besar menekankan peran ICMI dalam membantu menyelesaikan permasalahan daerah. 

"Kita bersama-sama berkontribusi besar terutama penyelesaian persoalan daerah yang kronis, yang membutuhkan kerja keras. Saya sarankan kepada ICMI untuk tidak terlalu fokus pada program kerja tetapi fokus pada penyelesaian permasalahan daerah," kata H. Syamsari. 

Pengurus ICMI Takalar menggelar rapat bersama Ketua Dewan Pembina ICMI di Ruang Rapat Setda Takalar

Point lain yang disampaikan H. Syamsari yakni penyelesaian persoalan daerah harus kolaboratif dengan seluruh stakeholder yang bersangkutan. 

"Artinya ICMI bukan bekerja dari 0 tetapi  tinggal memperuncing atau mempererat kerjasama. ICMI sebagai organisasi cendekiawan bisa membantu dalam peningkatan IPM. ICMI hadir dengan memberikan skill, karena ormas lain juga telah hadir dan memberikan hal yang sama. Sehingga ICMI memberikan hal yang berbeda yaitu melalui skill," tambahnya. 

Pemberdayaan UMKM berkolaborasi antara Perguruan tinggi, OPD dengan Dekranasda juga disampaikan perlu menjadi perhatian bagi ICMI kedepannya. 

Pengurus ICMI Takalar menggelar rapat bersama Ketua Dewan Pembina ICMI di Ruang Rapat Setda Takalar

Sementara itu, Ketua ICMI Takalar Dr. Hj. Irma menyampaikan bahwa ICMI punya 3 karakter dalam program yang harus ditonjolkan yaitu keislaman, kecendekiawanan, dan kekeluargaan. 

"Literasi harus disertai dengan digitalisasi, jadi sudah cocok dengan program pemerintah dengan mendirikan pojok digital. ICMI ini dekat dengan pemerintah secara umum. Sehingga harus ada kolaborasi. Program icmi harus kelihatan ilmu pengetahuan dan teknologinya," pungkasnya.